Istilah-istilah dalam dunia Komputer

Terdapat banyak istilah dalam dunia computer yang sering kita dengar ataupun yang jarang , disini saya aka coba memberikan beberapa dari Istilah-istilah yang biasa ataupun jarang kita jumpai atau dengar itu, jadi selamat menyimak …

APPLICATION : perangkat lunak yang digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu, seperti melakukan perhitungan akuntansi, mengolah kata (menulis surat, perjanjian, dll.), atau menggambar (pekerjaan bersifat grafis).

Adobe Photoshop

Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

AGP (Accelerated Graphics Port)

Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus dan umumnya berjalan pada 66MHz yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33MHz. AGP 1x melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.

Alpha Numeric

Campuran antara karakter dan angka termasuk huruf (A-Z;a-z), tanda baca dan beberapa karakter khusus misalnya @, #, $, *, dan sebagainya.

Anti Virus

Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu drive apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.

ARP (Address Resolution Protocol)

Protokol Internet yang meletakkan alamat Internet ke alamat perangkat keras pada LAN secara terus menerus.

ASCII (American Standard Code for Information Interchange)

Standar huruf dan tanda baca untuk komputer. ASCII merupakan kode berupa karakter 8 bit berbentuk angka 1 dan 0 untuk mewakili karakter-karakter alpha numerik.

ASSEMBLY LANGUAGE

bahasa pemrograman komputer low-level. Assembly language berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer.

ACPI (Advanced Configuration Power Interface)

Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi. ACPI ini adalah interface dan ditujukan untuk perangkat lunak dan perangkat keras.

Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state). Beberapa sleeping state yang tersedia antara lain :

S1 Sleeping State

Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah. Pada S1 sleeping state tidak ada system context yang hilang, tidak pada prosesor maupun chipset.

S2 Sleeping Stat

Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah seperti halnya S1 sleeping state, hanya saja pada S2 sleeping state ini prosesor context dan system cache context menjadi hilang. Sistem operasi yang akan bertanggung jawab mempertahankan context dari prosesor dan cache tersebut.

S3 Sleeping State

Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah juga, namun semua system context kecuali pada memori utama akan hilang. S3 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to RAM.

S4 Sleeping State

Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang tinggi (tertinggi yang didukung oleh ACPI) dan memiliki tingkat penggunaan daya yang paling rendah (terendah yang didukung oleh ACPI). Pada S4 sleeping state ini dianggap semua hardware dimatikan, hanya saja context-nya tetap dipertahankan. S4 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to disk.

S5 Sleeping State

S5 soft off ini memiliki kesamaan dengan S4 sleeping state, hanya saja sistem operasi tidak menyimpan context apapun

BASIC

Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code. Bahasa pemrograman high-level. Pada tahun 1964, John Kemeney dan Thomas Kurtz merancang BASIC sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Karena kesederhanaannya, BASIC cepat diterima sebagai bahasa pemrograman bagi mikrokomputer.

BIOS

Basic Input-Output System. Bagian dari sistem operasi tertentu, seperti CP/M dan DOS yang terdiri dari drivers dan perangkat lunak lain yang dirancang untuk mengelola perangkat periferal, seperti monitor, disk drive, dan printer.

BIT

Kependekan dari “binary digit”. Unit informasi terkecil yang dapat disimpan komputer. Bit bisa berupa nilai 1 atau 0. Delapan bit sama dengan satu byte. 

BUS

Alur yang digunakan untuk menyalurkan data pada suatu komputer. Bus adalah satu set hubungan elektris atau elektronik antara mikroprosesor dan perangkat keras lain, seperti disk drive, papan logik, dsb.

BUG

Kekeliruan pemrograman yang dapat menyebabkan suatu program atau sistem berfungsi secara tidak benar atau crash (tidak dapat digunakan).

Bandwith

Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit

Batch File

Merupakan file-file batch dengan akhiran .BAT yang dapat dipanggil melalui DOS seperti halnya file berekstensi .EXE atau .COM.

Baterai CMOS

Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply.

Baterai CMOS

Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply.

Built-in

Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.

CD-ROM

Compact Disk read-Only Memory. Sistem penyimpanan optik yang dapat merekam informasi secara permanen pada suatu Compact Disk (amat mirip dengan disk yang digunakan untuk musik), lalu menayangkannya pada layar komputer.

CGA

Color Graphics Adapter. Standar layar berwarna yang diperkenalkan IBM pada 1981. Papan sirkuit CGA memungkinkan monitor menampilkan layar empat warna 320 X 200 pixel. Pada 1984, EGA (standar resolusi yang lebih tinggi) menggantikan standar CGA.

Cache

Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.

CDMA (Code Division Multiple Access)

Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.

CMOS (Compelementary Metal Oxide Semiconductor)

RAM kecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOS digunakan untuk menyimpan program konfigurasi, program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.

Database

Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa.

DOS

Disk Operating-System. Nama yang biasanya digunakan untuk mengacu kepada MS-DOS (produk Microsoft) atau PC-DOS (adaptasi IBM terhadap MS-DOS). DOS menjadi sistem operasi yang paling luas digunakan untuk komputer IBM dan kompatibelnya.

Delphi

1. Metode pengaksesan Internet yang menawarkan hampir semua layanan, sehingga menjadi metode yang sering dipakai pengguna Internet.

2. Bahasa pemrograman under Windows yang diproduksi oleh Borland. Bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal.

Denial of Service attack

Istilah yang diberikan untuk upaya serangan dengan jalan menurunkan kinerja sebuah web site dengan terus menerus mengulang request ke server dari banyak sumber secara simultan. Serangan seperti ini bertujuan membuat server korban jadi kewalahan melayani request yang terkirim dan berakhir dengan menghentikan aktivitas atau berhenti dengan sendirinya karena tak mampu melayani request dan tidak dapat menyediakan pelayanan-pelayanan (denial of service).

Direct X

Software Windows yang memungkinkan semua program bekerja dengan jenis file yang berbeda dari hardware yang tersedia.

Distributed Denial of Service Attack

Serangan terhadap server Internet dengan cara mengirimkan data melebihi kapasitas server yang membuat server kelebihan beban dan lumpuh.

Drag and Drop

Istilah yang menggambarkan kegiatan memilih suatu obyek dan menggerakkan mouse ke lokasi baru sambil tetap menekan tombol mouse sebelah kiri (drag), kemudian meletakkan obyek di lokasi tersebut (drop).

ECHO

Perintah yang terdapat pada file autoexec.bat untuk menyembunyikan perintah (on) atau memunculkan perintah (off) yang terdapat di dalamnya ke layar monitor

Emulator

Device yang dibuat untuk bekerja sebagai copy tandingan dari mesin yang lain. Komputer dapat didesain untuk meniru dan melebihi model maupun software tereksekusi dari komputer yang lain. Sebuah Terminal dapat didesain untuk menyamai sejumlah communications protocols dan berhubungan dengan network yang lain. Sebuah emulator dapat berupa hardware, software ataupun keduanya.

Encoder

Suatu sistem komputer atau sistem jaringan yang hanya mampu menerima satu masukan saja, yang setiap masukan akan menghasilkan beberapa kombinasi hasil keluaran.

Firewall

Sebuah software program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas memproteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Kadang-kadang membutuhkan layanan Proxy untuk mengizinkan suatu akses pada Web.

Firmware

Software yang dituliskan ke dalam ROM, tidak dapat diganti-ganti tanpa pengubahan secara fisik. Misalnya untuk komputer yang mengendalikan proses produksi.

FTP (File Transper Protocol)

Program yang memungkinkan kita memindahkan data di antara dua komputer yang berjauhan letaknya. Protokol yang dipakai pada Internet untuk mengirim file.

Gateway

Sebuah komputer yang melayani konversi protokol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi. Sebagai contoh, sebuah gateway dapat meng-convert sebuah paket TCP/IP menjadi paket NetWare IPX atau dari Apple Talk menjadi DECnet, dan lain-lain.

GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)

Metode untuk menampilkan teks dan grafik pada layar komputer lewat gambar dan citra yang terbentuk lewat pola titik-titik.

GSM (Global System for Mobile Communication)

Seluler digital atau standar PCS yang digunakan di seluruh dunia. GSM merupakan standar yang paling banyak digunakan di Eropa dan Asia Tenggara.

HTML (Hyper Text Markup Language)

Format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (WWW). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di Internet

HIGH-LEVEL LANGUAGE

Bbahasa pemrograman – seperti BASIC, FORTRAN, COBOL, Pascal, dsb. – yang memungkinkan pemrogram menuliskan instruksi dengan kalimat yang mirip dengan bahasa Inggris sehari-hari untuk mengontrol komputer.

IP address

Alamat numeric unik dari sebuah komputer di Internet. IP address komputer Anda sama dengan nomor telepon Anda sendiri dalam fungsinya.

JavaScript

Bahasa script interpreter untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web.

Junk e-mail

E-mail yang tidak berguna dan ingin dibuang.

Kbit/s (Kilobits per Second)

Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer men-download informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data di dalam jaringan. Satu kilobit sama dengan 1000 bit

KBps

Kilobytes per second.

Localhost Di dunia Networking, Localhost merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar – benar mendapatkan hostname dari hostmasternya.

MAC

Singkatan dari Macintosh, keluarga PC dari Apple yang diperkenalkan sejak 1984. MAC merupakan komputer pertama yang mempopulerkan penggunaan Graphical User Interface (GUI), arsitektur hardwarenya memungkinkan kemudahan dan konsistensi penggunaan. MAC yang pertama memakai power Motorola 32 bit 680 x 0 CPU. Pada 1994 Apple memperkenalkan Power Macs yang menggunakan chip Power PC CPU. Dengan Insignia Solution softwindows, DOS dan window dapat diaplikasikan pada Power Macs.

NTFS (NT File System)

File sistem Windows NT yang digunakan untuk mengorganisir dan melacak keberadaan file.

OEM (Original Equipment Manufacturer)

Sebuah frasa slank untuk menyebut suatu perusahaan yang mempunyai hubungan khusus dengan produsen

Ping

Packet Internet Groper. Suatu program test koneksi yang mengirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tersebut.

Ping Broadcast

Serangan dengan menggunakan ping ke alamat broadcast, sering disebut juga dengan smurf. Seluruh komputer (device) yang berada di alamat broadcast tersebut akan menjawab.Ping Broadcast biasanya dilakukan dengan menggunakan IP spoofing, yaitu mengubah nomor IP dari datangnya request. Dengan menggunakan IP spoofing, respon dari ping tadi dialamatkan ke komputer yang IP-nya di spoof. Akibatnya komputer tersebut akan menerima banyak packet. komputer berskala besar. OEM membeli produk buatan perusahaan besar yang belum diberi merk dan kemudian mengemasnya dan menjual produk tersebut dengan merk milik perusahaan mereka.

Query

Suatu extracting data dari suatu database dan menampilkannya untuk “pengolahan” lebih lanjut.

RJ-11 Connector

Konektor telepon standar yang dipasang ke jack yang biasanya dipasang di dinding untuk mendapatkan sambungan telepon. Konektor ini bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan PCnet-Home.

RJ-45 Connector

Konektor standar untuk kabel Ethernet Cat 5.

Server

1. Sebuah komputer di Internet atau di jaringan lainnya yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika dibutuhkan

2. Sebuah aplikasi jaringan komputer yang digunakan untuk melayani banyak pengguna dalam satu jaringan.

Subnet Mask

Angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

Protokol komunikasi yang mula-mula dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS. TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga sejumlah data yang dikirim oleh suatu server dapat diterima oleh server yang lain. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut Internet

WAP (Wireless Application Protocol)

Merupakan standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan handphone). WAP merupakan hasil kerjasama antara industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless, seperti kebutuhan kompresi data, long latency dan keterbatasan bandwith, serta keterbatasan perangkat wireless. Disain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML (Wireless Markup Language). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat wireless yang memiliki keterbatasan seperti di atas.

Whois

Perintah pada beberapa sistem yang menjelaskan nama seseorang yang sesungguhnya, yang didasarkan pada nama pemakai orang itu. Whois dapat dipakai melalui World Wide Web.

WWW (World Wide Web)

Servis Internet yang dapat me-link dengan dokumen multimedia bersama dengan HyperText. Pemakai dapat melompat antara dokumen dengan menggunakan link untuk melihat text, grafik, video dan media lainnya.

Fiuh selesai juga deh, semoga bermanfaat ya.

About these ads

2 comments on “Istilah-istilah dalam dunia Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s